Jumat, 10 Maret 2017

PENGERTIAN ANALISIS SWOT

Pengertian Analisis SWOT

Analisa SWOT (SWOT Analysis) adalah suatu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan (Strengths),Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) yangmungkin terjadi dalam mencapai suatu tujuan dari kegiatan proyek/kegiatan usaha atau institusi/lembaga dalam skala yang lebih luas. 

Untuk keperluan tersebut diperlukan kajian dari aspek lingkungan baik yang berasal dari lingkungan internal maupun eskternal yang mempengaruhi pola strategi institusi/lembaga dalam mencapai tujuan.

Dilihat dari sejarahnya dan penggunaannya saat ini, metode SWOT banyakdipakai di dunia bisnis dalam menetapkan suatu perencanaan strategi perusahaan(strategic planning) sehingga literatur mengenai metode ini banyak berkaitan denganaspek penerapan di dunia bisnis meskipun pada beberapa analisa ditemukan pulapenggunaan SWOT untuk kepentingan public policy.

Metode SWOT pertama kalidigunakan oleh Albert Humphrey yang melakukan penelitian di Stamford Universitypada tahun 1960-1970 dengan analisa perusahaan yang bersumber dalam Fortune 500. Meskipun demikian, jika ditarik lebih ke belakang analisa ini telah ada sejak tahun1920-an sebagai bagian dari Harvard Policy Model yang dikembangkan di HarvardBusiness School. Namun pada saat pertama kali digunakan terdapat beberapakelemahan utama di antaranya analisa yang dibuat masih bersifat deskripstif danbelum/tidak menghubungkan dengan strategi-strategi yang mungkin bisa dikembangkan dari analisa kekuatan-kelemahan yang telah dilakukan.

Referensi :
Akdon.      2007.   Strategic     Management     For    Educational     Management ( Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan ). Bandung : Alfabeta.

1 komentar: